Rabu, 27 Mei 2015

Tentang Kota Saya

          Ok Guys, kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang Kota Saya... yaitu Kota Pekanbaru tercinta...

Berhubung dapat tugas yee... jadi rajin posting-posting nih..hehehe^^

Ok langsung saja tanpa panjang lebar, saya akan menceritakan Kota Pekanbaru,...

         Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota Pekanbaru merupakan kota jasa Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelabuhan Pelita Pantai dan Pelabuhan Sungai Duku, merupakan pintu gerbang kota Pekanbaru. Perekonomian Pekanbaru sangat didukung oleh kehadiran perusahaan minyak Chevron Indonesia, serta perkebunan kelapa sawit, jadi tentunya banyak petani sawit.

          

 

    

         Ragam seni dan budaya daerah di Provinsi Riau seperti tari Zapin, rentak bulian, dan lainya tidak boleh hilang di melayu Riau. Karena, tari itu memiliki khas atau tradisi adat melayu.

        Keaneka ragaman seni Budaya di Provinsi Riau patut dan harus terus dilestarikan, agar budaya-budaya luar yang masuknya begitu cepat melalui berbagai sendi kehidupan masyarakat, tidak terus menggusur keberadaan budaya di negeri ini.

       Makanan khas Pekanbaru pastinya ada dong.. ya bila teman-teman jalan-jalan ke Pekanbaru jangan lupa ya cicipi..

 

  • Gulai ikan Patin

Sebagai daerah yg dilalui sungai siak tentunya pekanbaru memiliki pasokan ikan patin yg besar. hal ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk menciptakan berbagai kreasi masakan yg berbahan ikan patin. diantara masakan khas pekanbaru yg paling terkenal yg berbahan ikan patin itu adalah Gulai Ikan Patin. ciri khas dari makanan tersebut adalah memiliki kuah kuning dengan potongan daging ikan yg besar ditambah bumbu rempah khas masakan melayu. salah satu tempat yg menyedakan hidangan khas pekanbaru ini adalah rumah makan H. yunus di jl. KH Nasution simpang tiga dan pondok gurih di jl. sudirman.

 

  • Gulai Ikan Baung

http://www.inforiau.net/2015/01/5-makanan-khas-pekanbaru.html

ikan ini juga banyak sekali ditemui di sungai siak, namun karena bernilai ekonomis masyarakat setempat membudidayakannya. tekstur daging yg padat namun terasa lembut dilidah ini sangat nikmat jika dipadukan dengan bumbu asam pedas. bagi anda yg ingin mencicipi makanan khas ini dapat berkunjung ke rumah makan pondok asam pedas baung. letaknya di seberang rumah sakit awal bros.

  • Roti Jala

bila anda ke pekanbaru jangan lupa untuk mencicipi lezatnya roti jala. roti ini berbeda dengan roti yg lainnya, jika anda mengetahui roti yg biasa anda jumpai berisi coklat, keju maka ciri khas roti ini adalah terdapat kuah kari kambing dan acar.

  • Lempuk/Pancake durian

hanya ada dipekanbaru durian yang disajikan dengan pulut atau ketan putih dengan taburan parutan kelapa yang tentunya sangat lezat untuk disantap. bila anda berkunjung ke pekanbaru jangan lupa membawa oleh-oleh lempuk ini untuk sanak keluarga di rumah.

  • Sup tunjang

sup yang satu ini memang sangat lezat, campuran kuah rempah khas melayu dicampur daging yg mudah lepas dari tulangnya sangat menggugah selera kita. bagi anda yg ingin mencicippi lezatnya sup tunjang ini datang saja ke rumah makan yg ada di jalan pinang pekanbaru (seberang Hotel Pangeran).

    Nah... itulah Pekanbaru, kalau teman-teman ingin main ke Pekanbaru jangan lupa yaa... oleh-oleh khas Pekanbarunya.. Mungkin itu aja deh postingan saya... sebenarnya masihh banyakkkk lagi..

Ya... biar teman-teman penasan silahkan ke Pekanbaru aja yaa hhehehe,...

 ok Thanks :)

 

source: - http://www.inforiau.net/2015/01/5-makanan-khas-pekanbaru.html

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar